Khotbah Minggu

Khotbah Minggu 12 Januari 2014

Khotbah Minggu 12 Januari 2014

 

Minggu Efipani I - Tuhan Yesus Dibaptis

 

YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN DARI SEMUA ORANG

(Kis 10:34-43)


Bacaan lainnya menurut Leksionari: Yes 42:1-9; Mzm 29; Mat 3:13-17

(berdasarkan  http://lectionary.library.vanderbilt.edu/index.php)


Khotbah ini dipersiapkan sebagai bahan bagi hamba Tuhan GKSI di seluruh nusantara. Sebagian ayat-ayat dalam bacaan leksionari minggu ini dapat dipakai sebagai nats pembimbing, berita anugerah, atau petunjuk hidup baru.


Ayat Kis 10:34-43 selengkapnya:

  

(10-34) Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. (35) Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya. (36) Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang. (37) Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea, mulai dari Galilea, sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes, (38) yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia. (39) Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib. (40) Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri, (41) bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati. (42) Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati. (43) Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."

------------------------------------------

Pendahuluan

Kisah yang ditulis Lukas ini menceritakan permulaan perluasan gereja ke wilayah Yudea dan Samaria, yang pemicunya oleh penganiayaan yang muncul termasuk Stefanus dibunuh. Perluasan ini terjadi bukan karena visi dan rencana gereja, tetapi karena pengaturan Allah dalam memperluas orang-orang percaya. Nats minggu ini berupa pelayanan Petrus dalam bersaksi tentang Tuhan Yesus. Ia berkhotbah kepada orang-orang percaya yang tersebar termasuk hal pertama tentang pemberitaan Injil kepada orang bukan Yahudi. Khotbah Petrus merupakan respon atas pertanyaan Kornelius, seorang kafir yang merasa perlu menjadi orang Yahudi untuk memperoleh keselamatan, padahal keselamatan ada di dalam Yesus Kristus. Melalui bacaan minggu ini kita diberikan pengajaran sebagai berikut.

 

Lebih lanjut: Khotbah Minggu 12 Januari 2014

 

Khotbah Minggu 5 Januari 2014

Khotbah Minggu 5 Januari 2014

Minggu Efipani

  

MEMPEROLEH KEBERANIAN MASUK KE HADIRAT ALLAH

(Ef 3:1-12)


Bacaan lainnya menurut Leksionari: Yes 60:1-6; Mzm 72:1-7, 10-14; Mat 2:1-12

(berdasarkan   http://lectionary.library.vanderbilt.edu/index.php)


Khotbah ini dipersiapkan sebagai bahan bagi hamba Tuhan GKSI di seluruh nusantara. Sebagian ayat-ayat dalam bacaan leksionari minggu ini dapat dipakai sebagai nats pembimbing, berita anugerah, atau petunjuk hidup baru.


Ayat Ef 3:1-12 selengkapnya dengan judul: Rahasia panggilan orang-orang bukan Yahudi.

3:1 Itulah sebabnya aku ini, Paulus, orang yang dipenjarakan karena Kristus Yesus untuk kamu orang-orang yang tidak mengenal Allah 3:2 -- memang kamu telah mendengar tentang tugas penyelenggaraan kasih karunia Allah, yang dipercayakan kepadaku karena kamu, 3:3 yaitu bagaimana rahasianya dinyatakan kepadaku dengan wahyu, seperti yang telah kutulis di atas dengan singkat. 3:4 Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus, 3:5 yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus, 3:6 yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus. 3:7 Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya. 3:8 Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu, 3:9 dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, 3:10 supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di sorga, 3:11 sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakan-Nya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 3:12 Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.

----------------------------

Pendahuluan

Minggu ini adalah minggu pertama setelah tahun baru yang oleh gereja dinamakan sebagai minggu Epifani, yang berarti penampakan. Epifani dapat diartikan dalam beberapa peristiwa, seperti kelahiran Tuhan Yesus, kunjungan orang Majus, pembaptisan-Nya, dan peristiwa di Kana sebagai pelayanan pertama-Nya. Nats minggu ini dilatar belakangi adanya pendapat dan kesombongan pada dua suku bangsa waktu itu, yakni bahwa bangsa Yahudi adalah bangsa pilihan Allah dan otomatis akan diselamatkan, dan kedua bangsa Yunani adalah bangsa yang paling beradab dan pemikir sehingga mereka akan mendapatkan yang terbaik, menjadi latar belakang nats ini. Melalui nats minggu ini kita diberi pelajaran tentang hubungan orang yang percaya kepada Tuhan Yesus dengan Allah Bapa, menjadi hubungan khusus sebagai berikut.

  

Lebih lanjut: Khotbah Minggu 5 Januari 2014

   

Page 10 of 10

Renungan

  • 1
  • 2
  • 3

Pengunjung Online

We have 72 guests online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini77
mod_vvisit_counterKemarin19
mod_vvisit_counterMinggu ini77
mod_vvisit_counterMinggu lalu166
mod_vvisit_counterBulan ini605
mod_vvisit_counterBulan lalu671
mod_vvisit_counterKeseluruhan8042913

We have: 53 guests online
IP anda: 54.80.115.140
 , 
Hari ini: Apr 22, 2018