Khotbah Minggu 15 April 2012

Khotbah Minggu 15 April 2012

Minggu ke-16 : Kedua Paskah 

DIBERKATI KARENA MEMBERIKAN YANG TERBAIK

Yoh. 20:11 - 18/12:1-3

Karena itu saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasehatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah; itu adalah ibadahmu  yang sejati.

Roma 12:1

PENDAHULUAN

Maria Magdalena adalah orang pertama yang menjadi  saksi kebangkitan Kristus. Ini merupakan keadaan yang tidak lazim, karena kesaksian seorang wanita bagi orang Yahudi tidak diperhitungkan. Apa yang Yesus lakukan kepada Maria ini menunjukkan bahwa Tuhan sanggup memakai orang yang tidak dianggap layak oleh dunia.

Ada beberapa kebenaran yang dapat kita peroleh dari kehidupan Maria:

 


Pertama: Siapakah Maria Magdalena 

Maria  memiliki latar belakang kehidupan yang tidak baik. Ia dikenal di kotanya sebagai perempuan berdosa (Lukas 7:37) dan ia adalah wanita berdosa yang hendak dilempari dengan batu karena kedapatan berbuat zinah akan tetapi karena kasih Tuhan yang sungguh besar sehingga Maria Magdalena mendapatkan pengampunan dari Tuhan (Yoh. 8:1-11). Maria juga adalah wanita yang dirasuki 7 setan dan Injil Markus menegaskan bahwa Kristus telah mengusir tujuh setan dari Maria Magdalena (Mrk 16:9).  

Pengampunan Tuhan membuat Maria menjadi pribadi yang menyukai firman. ketika Yesus berada di  rumah Maria dan Marta, Maria memilih untuk duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, bahkah sikapnya ini dipuji oleh Tuhan Yesus bahwa Maria telah memilih bagian yang terbaik yang tidak akan diambil dari padanya                      (Lukas 10:38-42).

Kedua: Apakah yang dilakukan Maria Magdalena

Yohanes 12:1-8 menyaksikan apa yang dilakukan Maria kepada Tuhan Yesus, Maria meminyaki kaki Tuhan Yesus dengan setengah kati minyak Narwastu murni yang mahal harganya, lalu menyekanya dengan rambutnya. Minyak Narwastu yang diberikan ini sangat mahal harganya, 300 dinar.  

Menurut kamus, satu dinar adalah upah kerja buruh dalam 1 hari pada waktu itu. Berarti, harga minyak tersebut lebih dari upah buruh selama 300 hari, atau upah buruh 10 bulan! Ini merupakan pemberian Maria yang terbaik kepada Yesus. Mengapa? Karena merupakan pemberian atas dasar rasa syukur dan kasih yang sangat dalam kepada Pribadi yang  Maria kasihi dan yang juga begitu mengasihi Maria.

Maria Magdalena juga berdiri di kaki salib pada saat penyaliban (bdk Mrk 15:40, Mat 27:56, dan Yoh 19:25). Ini juga merupakan bukti kasih dan pengabdiannya kepada Yesus. 

Maria Magdalena, perempuan berdosa yang bertobat yang  mengalami perubahan hidup yang luar biasa. Ia membuktikan rasa syukur, kasih dan pengabdiannya kepada Tuhan dalam kehidupannya oleh karena ia adalah orang berdosa yang telah mengalami banyak pengampunan dari Tuhan.

Ketiga: Berkat yang dialami Maria

Pemberian terbaik dari Maria kepada Tuhan Yesus, ternyata membawa berkat bagi Maria, ada dua berkat yang Maria dapatkan:

Kesatu, Maria akan selalu diingat orang di seluruh dunia (Matius 6:13). Tuhan Yesus berkata bahwa dimana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukan Maria akan disebut juga untuk mengingat Maria; dan Kedua,  Maria mendapat hak istimewa menjadi saksi pertama dari kebangkitan Kristus. (Yohanes 20: 11-18). Dalam peristiwa ini Maria dipulihkan dari ketakutan dan kekuatiran, tetapi juga diberi hak istimewa untuk bersaksi  bagi orang lain tentang kemenangan Kristus. ”Aku telah melihat Tuhan!”

APLIKASI

Dalam hidup ini, Tuhan Yesus telah memberikan yang terbaik itulah diriNya sendiri, sehingga kita dapat diselamatkan. Dia mau mengampuni kita, betapapun besarnya dosa kita kepada-Nya, dan bagi kita yang telah mengalami pengampunan dari Tuhan, pastilah kita menjadi pribadi yang mengasihi Tuhan. Tuhan mau kita pun memberikan yang terbaik bagi Tuhan Yesus, persembahan yang terbaik dalam hidup kita itulah diri kita sendiri.

Tuhan Yesus Memberkati.

(Pdt. Nuh Ruku, M.Th – Anggota Badan  Pertimbangan BPS GKSI)

Renungan

  • 1
  • 2
  • 3

Pengunjung Online

We have 195 guests online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini6103
mod_vvisit_counterKemarin9771
mod_vvisit_counterMinggu ini52235
mod_vvisit_counterMinggu lalu18880
mod_vvisit_counterBulan ini116166
mod_vvisit_counterBulan lalu278373
mod_vvisit_counterKeseluruhan1906900

We have: 185 guests, 89 bots online
IP anda: 107.21.135.68
 , 
Hari ini: Aug 23, 2014