Pemberdayaan

Salah satu masalah yang dihadapi oleh bangsa kita adalah masih banyaknya penduduk miskin. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk tahun 2011 jumlahnya masih sekitar 30 jiwa ! Penduduk miskin ini kebanyakan tinggal di desa-desa, meski di kota juga ada. Angka ini mengacu kepada  ukuran mereka yang memperoleh penghasilan Rp. 9000 (1 USD) per hari per orang atau Rp.

270.000 per bulan per jiwa.

Meski pendapat lain mengatakan ukuran yang layak menurut Bank Dunia sebenarnya adalah 2 USD atau Rp. 18.000,- per hari per orang. Dengan ukuran 1 USD saja, kalau dalam keluarga tersebut ada 4 orang (ayah-ibu dan dua anak), maka penghasilan mereka seharusnya Rp. 1.080.000 per bulan. Angka yang sangat besar untuk masyarakat yang hidup di pedesaan, khususnya yang jauh dari fasilitas infrastruktur seperti jalan, pengairan, listrik, telekomunikasi, dsb.

 

Gereja Kristen Setia Indonesia (GKSI) berada di tengah-tengah kehidupan yang demikian gambarannya. Para Jemaat dan Hamba Tuhan GKSI umumnya berada di desa-desa terpencil dengan mereka yang tingkatan hidupnya masih memperihatinkan.  Banyak Jemaat GKSI yang untuk mencapai lokasinya dibutuhkan dengan berjalan kaki atau naik perahu seharian. Bahkan ada Jemaat GKSI di Sulawesi Selatan (wilayah Tanah Toraja) untuk mencapai jemaatnya harus menempuh berjalan kaki selama 3 hari dengan menginap 2 malam di hutan. Itulah gambaran pelayanan GKSI.

Dengan demikian Gereja Kristen Setia Indonesia di samping melayani kebutuhan rohani jemaat untuk dapat bersekutu dengan Tuhan dan sesama orang percaya, GKSI juga ditantang untuk dapat memberdayakan masyarakat untuk kesejahteraan yang layak. Beberapa program telah dijalankan melalui pemberdayaan pertanian, perternakan, perikanan, pendidikan, namun keterbatasan dana membuat pemberdayaan ini belum berjalan baik

Untuk itu kami mengundang partisipasi Orang Percaya untuk menyatakan kasihnya kepada mereka, baik melalui keterlibatan langsung dalam pelayanan pemberdayaan atau melalui sumbangan / persembahan melalui Hamba Tuhan yang ada di berbagai lokasi pelayanan sebagai mana ada dalam daftar Direktori.

Kiranya Tuhan terus memperkuat umatNya dalam kehidupan ini. Tuhan memberkati.

Renungan

  • 1
  • 2
  • 3

Pengunjung Online

We have 83 guests online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini97
mod_vvisit_counterKemarin30
mod_vvisit_counterMinggu ini159
mod_vvisit_counterMinggu lalu130
mod_vvisit_counterBulan ini462
mod_vvisit_counterBulan lalu720
mod_vvisit_counterKeseluruhan8044203

We have: 50 guests online
IP anda: 54.92.153.90
 , 
Hari ini: Jun 21, 2018